Sejarah Pabrikan Motor BSA

 


BSA  (Birmingham Small Arms) Perusahaan ini didirikan pada tahun 1863 , Produksi pertama kali  di mulai pada tahun 1880 . Sepeda bermesin dirilis pada tahun 1905 dengan kapasitas mesin kecil .

BSA terus memproduksi sepeda motor termasuk S27 atau Sloper, Waktu itu Model  yang terpopuler  tersedia dengan Kapasitas mesin 350cc , 500cc dan 595cc. Model Sloper ini diproduksi selama sepuluh tahun.

BSA pada sekitar tahun 1929, pada masa era Perang Dunia 2 , BSA memiliki 67 pabrik yang digunakan dalam rangka memenuhi persyaratan untuk pembuatan senjata dan amunisi . Mereka menghasilkan lebih dari satu juta senapan Lee – Enfield , senapan mesin Sten dan sekitar setengah juta senapan mesin Browning . Namun  pada waktu itu tentara juga memiliki permintaan yang besar terhadap sepeda motor , sepeda motor BSA memasok 126.000 type M20 untuk angkatan bersenjata dari tahun 1937 ( hingga tahun 1950 ) ditambah sepeda militer termasuk sepeda lipat penerjun payung . BSA waktu itu menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia.

Sir Bernard Docker ( juga ketua Midland Bank ) adalah pemimpin BSA hingga tahun 1951 dengan James Leek CBE Managing Director dari tahun 1939 , setelah itu Jack Sangster menjadi Managing Director . Pasca – Perang , BSA terus  ekspansi , Bsa Mengakusisi  sepeda motor merk Triumph pada tahun 1951 . Kemudian mereka mengakusisi  Merk  Ariel , Sunbeam dan New Hudson ( yang sebagian besar milik Sangster ) .

Pada tahun 1957 , divisi sepeda BSA dijual ke Raleigh . Pada tahun 1960 , Daimler ( divisi mobil ) telah dijual ke Jaguar . Produksi senjata bertuliskan nama BSA tahun 1957 melampaui penjualan divisi sepeda , tetapi pada tahun 1986 devisi Senjata BSA dilikuidasi , semua aset  dibeli dan akirnya berganti nama menjadi BSA Guns ( UK ) Ltd.

Pada tahun 1965 , persaingan dari Jepang ( Honda , Yamaha dan Suzuki ) dan juga dari Eropa dengan merk Jawa / CZ , Bultaco dan Husqvarna telah mengikis pangsa pasar BSA . produk BSA dan Triumph  tidak lagi selaras dengan pasar , walaupun BSA sudah memodifikasi  mesin menjadi  2 stroke .Untuk mencoba mengatasi hal ini , berbagai produk baru di keluarkan antara lain single , twin dan 3 silinder Model Rocket 3 diluncurkan pada 1968-1969.

Namun, reorganisasi perusahaan pada tahun 1971 terkonsentrasi produksi sepeda motor di pabrik Triumph di Meriden . Sementara komponen dan mesin produksi yang tersisa di pabrik BSA di Small Heath. Hal ini bertepatan dengan redudansi dan penjualan aset . Barclays Bank juga mendukungan dengan mengucurkan dana.

Produksi  dan  layanan berlanjut sampai tahun 1972 tapi sepeda Jepang telah membanjiri pasar . BSA merger dengan Norton Villers pada tahun 1972, untuk waktu yang singkat meluncurkan  Produk Model  Norton 500 Singgle B50  tetapi hanya sedikit , BSA B50 banyak perbaikan di tangan perusahaan sepeda motor CCM memungkinkan desain dasar BSA akan terus berlanjut sampai pertengahan hingga akhir 1970-an dalam bentuk yang kompetitif di seluruh Eropa .

Pada 1972 , yang sudah mendekati kebangkrutan, dan dengan dukungan pemerintah , bisnis sepeda motor yang diserap ke dalam perusahaan Bronze Mangan , Norton – Villiers . Hal ini kemudian menjadi Norton – Villiers – Triumph dengan tujuan produksi dan pemasaran sepeda motor  Norton dan Triumph. Pemegang saham BSA mensetujuinya. Meskipun nama BSA tersisa dari nama perusahaan baru , beberapa produk terus dilakukan membawanya sampai tahun 1973 . Jangkauan akhir hanya empat model : Gold Star 500 ( B50 ) , 650 Thunderbolt / Lighting dan 750 cc Rocket Three .

Lebih Lanjut Lagi, sebagai salah satu pabrik pabrik sepeda motor terbesar di dunia,ternyata dimulai dengan hanya satu jenis perdagangan produksi pembuatan senjata Birmingham.Pada tgl 7 Juni 1861 sejumlah 14 orang pemburu dan pembuat senjata/Gunsmith, membentuk perusahaan pabrik Birmingham Small Arms Company Limited.

Tujuan awal mereka adalah untuk membuat senjata oleh mesin/pabrik bukan buatan tangan/manual. Tahun 1863 pabrik baru mereka di suatu lokasi lahan hijau seluas 25 hektar di Small Heath selesai.Di tahun 1863 BSA mendapat pesanan 20.000 senapan infanteri Turki.Tetapi pada Rapat Luar Biasa tanggal 30 September tahun 1863 Manajemen Perusahaan BSA berubah dimana hal ini juga berpengaruh terhadap operasional perusahaan yang akhirnya pada tahun 1879 pabrik ditutup selama satu tahun.Selanjutnya pada tahun 1866 mengakuisisi pabrik amunisi di Adderley Park, Birmingham,Inggris.

Dari tahun 1880 masuk ke pembuatan sepeda,membuat desain sendiri dari 1881.Antara 1888 dan 1893 itu mengkhususkan dirinya semata-mata untuk produksi senjata,pada tahun 1893 kembali era Indusri dengan pembuatan produk berbagai komponen lainnya/alat pertanian,pesawat dll.Di tahun 1906 mengambil alih Arms Nasional dan tempat Amunisi Perusahaan di Sparkbrook dan memperoleh Eadie Manufacturing Co Ltd dari Redditch pada tahun 1907.

BSA juga memproduksi komponen/sparepart sepeda motor untuk perusahaan lain tapi tidak sampai tahun 1903 mereka lakukan suplay itu. Pada tahun 1909 sebuah sepeda motor 233cc eksperimental,3 ½ HP sepeda motor sabuk didorong harga £ 50 masuk ke dalam jajaran produksi BSA. Ini yang kemudian diikuti model lain dalam kapasitas yang berbeda termasuk rantai didorong model 'H'.

Pada tahun 1910 mengakuisisi Daimler Co Ltd dari Coventry.

Pada tahun 1916 perusahaan telah memproduksi tiga sepeda motor dasar. Selama meletusnya Perang Dunia I, perusahaan kembali untuk memproduksi senjata dan memperluas operasinya juga mereka menyediakan sepeda motor untuk Pasukan Ekspedisi Inggris. Setelah perang, pada tahun 1924, perusahaan mulai menjalin hubungan panjang dengan Kantor Pos Umum (GPO) memasok sepeda motor untuk layanan pengiriman telegram yang baru terbentuk. BSA terus memasok sepeda motor ke GPO sampai runtuhnya layanan ini.Sepeda motor yang paling terkenal digunakan adalah pasca perang dunia ke 2," Banten" dengan mesin dua tak yg populer dan merupakan sepeda motor ringan buatan Inggris.

Pada tahun 1930-an BSA memproduksi Mobil beroda tiga dalam persaingannya dengan Morgan dan saloons depan hard roda dan drop-head coupe.Mobil itu diproduksi dalam jumlah kecil BSA 10 H.P,mobil yang versi yang lebih murah dari Lanchester dan Daimler 10 HP itu dilengkapi dengan roda gila cairan dan pra-pemilih gearbox.

BSA juga dijamin kontrak dengan Automobile Association (AA), Kepolisian dan Angkatan Darat lagi dalam Perang Dunia II untuk penyediaan sepeda motor.

Sepeda motor BSA lebih dikhususkan pada pengendara sepeda motor yang non olahraga.Mereka jarang benar-benar unggul dalam balap tapi berhasil membuktikan diri dan teruji paling depan tentang kehandalan dan ketahanannya di segala medan/lapangan dan dalam cuaca apapun.

Pada tahun 1924 empat sepeda motor BSA mendaki Gunung Snowdon di Wales dalam waktu kurang dari 25 menit. Pada tahun 1926 dua sepeda motor BSA,model S berkeliling dunia dalam 18 bulan.

Pada tahun 1927 BSA meluncurkan berbagai jenis Sloper, disebut demikian karena tata letak mesinnya miring. Pada rentang tahun 1930 mereka memiliki 16 model dari tunggal sampai ke Twin/kembar dari mulai CC d174cc ke 986cc . Namun resesi th 30-an memukul pabrik BSA untuk mengurangi produksi dan model disederhanakan guna memotong biaya.Kemudian pada tahun 1931 mereka memperoleh produsen Birmingham mobil, Lanchester.

Pada Perang Dunia ke dua perusahaan BSA berkembang terdiri dari 67 pabrik. Dalam Perang Dunia Kedua BSA memproduksi senapan, senjata Lewis, magazin dan peluru,membuat persenjataan serta membuat 126.254 buah sepeda motor jenis M20 498 cc,guna meng suplay sepeda motor tersebut untuk tentara kerajaan. Pada tahun 1943 Sunbeam dari Wolverhampton diambil alih,kemudian Ariel pada tahun 1944 dan New Hudson pada tahun 1940 ! Pada masa perang,pabrik di Small Heath terkena langsung oleh serangan bom Jerman pada bulan November 1940 dan ada banyak korban di antara para pekerja karena sebagian dari bangunan pabrik runtuh terbakar. Korban ada 57 orang yang bekerja di sana.



Setelah perang dunia ke 2 BSA mulai produksi model D 1 Banten/Bantam pada bulan Juni 1948 (Satu satunya desain tiruan/jiplakan dari DKW 125cc Union)suatu hal yang tak pernah dilakukan oleh BSA sepanjang sejarah berdirinya.Desain ini diperoleh dari perusahaan DKW Jerman Timur sebagai pampasan perang.



Tahun 1937 Walter Handley mengendarai BSA dengan kecepatan diatas 100mph (160 k / jam) pada trek balap melengkung. Prestasi ini membuatnya mendapatkan sebuah bintang emas yang kemudian menjadi ide oleh BSA dalam meluncurkan model sepeda motor berikutnya bernama Gold Star.Gold Star menjadi roadster yang sangat populer dalam dunia balapan dan tetap diproduksi dari tahun 1942 sampai tahun 1963.Pada 1944,perusahaan sepeda motor Ariel dibeli oleh BSA dan model KH 500 cc diproduksi, bersama dengan Huntmaster yang lebih kuat, yang memiliki mesin BSA A10 650 cc yang dimodifikasi. Huntmaster terbukti handal dan mampu menempuh jarak 100 mil per jam (160 km / h),sehingga menjadi populer bagi para penggemar sespan.Akhir 1949 diperkenalkan model A7 (500cc) dan kemudian A10 (650cc). Berbagai jenis model A diproduksi dengan nama melegenda seperti Golden Flash disusul Super Flash lalu Road Rocket. Sebuah model yang sangat sederhana dalam tampilan,harga yang terjangkau pada jamannya, tidak boros serta dapat diandalkan merupakan alasan utama bagi mereka untuk tetap populer. Model A menjadi desain merek dagang dari BSA.Kemudian di tahun 1962 mereka telah diganti dengan A50 (500cc) dan A65 (650cc). .Pada tahun 1951 BSA mengambil alih perusahaan Sepeda Motor Triumph di Meriden, pengambil alihan yang mereka lakukan ini,di kemudian hari akan jadi penyesalan sebab membawa kematian/kebangkrutan kedua perusahaan.





Pada tahun 1953 BSA Sepeda Motor Ltd dibentuk untuk menjaga produksi sepeda motor terpisah dari anggota kelompok produksi lainnya. Pada saat itu ada 12 model sepeda motor sedang diproduksi.



Semuanya itu tidak juga mampu berkembang,model yang memprihatinkan. Kedua Dandy stroke kurang bertenaga dan cenderung terlalu panas sehingga ditarik dari pemasaran sebelum waktunya. Skuter Beeza bahkan tidak pernah berhasil sampai ke ruang pamer, tampaknya semuanya bermuara karena perseteruan antara manajemen Ariel, Triumph dan BSA dalam satu perusahaan.Pada tahun 1956,Jack Sangster (yang saat menjual Ariel dan Triumph kepada BSA sebenarnya tidak sekedar menjual tetapi bergabung di dalamnya) berhasil mengalahkan pimpinan BSA incumbent Sir Bernard Docker dengan skor telak 6 banding 3. Sebagai pimpinan, Jack Sangster mengangkat Edward Turner sebagai kepala divisi otomotif yang membawahi Ariel, Triumph, dan BSA.  BSA sendiri  kemudian memutuskan menutup pabriknya pada tahun 1963 untuk memindahkan produksi ke Small Heath.




Pada tahun 1957 Edward Turner diangkat kepala divisi otomotif BSA. Model C15 250cc diluncurkan pada 1954 dan bukti Triumph baru versus strategi BSA terbukti pada mesin karena hanyalah Cub Triumph badged.

Pada tahun 1960 BSA berada dalam masalah keuangan maka divisi mobil dan bus dijual kepada Jaguar Mobil Ltd.


Penunjukan Sturgeon Harry sebagai MD dipandang sebagai langkah maju namun masa jabatannya tidak lama oleh karena menderita penyakit dan ia pensiun pada 1966. Penggantinya ternyata tidak banyak tahu dan mengerti tentang sepeda motor, maka dari titik point inilah kita dapat memetakan awal penurunan dan kemunduran BSA.



Pada tahun 1968,mesin baru Rocket Three Triple 750cc roket diluncurkan di Amerika Serikat dan pada tahun 1969 di Inggris.

Pada tahun 1971 BSA mencatat kerugian yg begitu telak dan oleh karenanya diusulkan untuk menutup pabrik BSA Small Heath dan mentransfer produksi semua untuk Triumph di Meriden. Ada perubahan menit terakhir dari pikiran, tetapi itu benar-benar terlambat bagi perusahaan pada tahap ini dan pada 1973 kelompok BSA dijual kepada Norton Villier untuk membentuk Triumph Norton Villier itu (NVT). Dua bulan kemudian ketua NVT, Dennis Poore, ditangani industri sepeda motor Inggris pukulan fatal dengan mengumumkan Triumph yang akan menutup dan produksi akan tetap di Small Heath.Dia tidak dihitung dengan militansi tenaga kerja para pekerja,hal ini berlangsung berlarut-larut selama 10 tahun. Akhirnya, kerugian total dan pabrik sepeda motor terbesar dunia dan produksi sepeda yang terakhir pada malam Natal 1975.



Setelah itu beberapa perusahaan yang tadinya bahagian dari pabrik BSA,sebuah perusahaan sangat kecil sepeda motor yang berbasis di Southampton menggunakan nama BSA.


Perlu dicatat bahwa Senjata/senapang angin BSA masih ada dari unit produksi sespan di Jalan Gudang Senjata,Small Heath.


Dicycle/siklus BSA


Mesin pertama yang diproduksi oleh BSA ternyata adalah DICYCLE, mesin tiga roda aneh yang ditunjukkan oleh penemunya, Bapak Otto, di meja ruang dewan di Jalan Gudang Senjata. Perusahaan memutuskan untuk bergabung dengan kereta sepeda ini,ketika penjualan senjata menurun di tahun 1870-an. Dicycle dipamerkan di Museum Nasional di Siklus Llandrindod Wells.

Pada tahun 1908 AE Wills mengalahkan rekord dunia  jarak satu jam dengan siklus BSA. Jarak dari 61 kilometer, 972 meter berarti dia adalah pengendara sepeda pertama yang melebihi lebih dari satu mil satu menit, lebih dari satu jam. Siklus BSA digunakan dalam Coventry Transport Museum.

BSA pada satu periode Hercules Siklus Aston yang manufaktur siklus dan badging mereka sebagai produk BSA juga.



Perusahaan Sepeda BSA dijual ke Raliegh Industries of Nottingham pada tahun 1957. Sepeda dengan nama BSA yang saat ini diproduksi dan didistribusikan di Negara India oleh Siklus TI.


Meski BSA telah tutup dan tidak melakukan produksi lagi,namun eksistensi produk motor nya di dunia masih tetap ada,terbukti dengan banyaknya komunitas pecinta motor tua di beberapa belahan negara termasuk di indonesia, salah satu klub motor terbesar di indonesia seperti Bikers Brotherhood MC yang berbasis di Kota Kembang Bandung,Jawa Barat memiliki banyak anggota  yang memiliki motor pabrikan ini.



Berikujt saya lampirkan Beberapa jenis Motor produksi BSA..





 

Model-A

 
BSA 1921 Model-A
 
BSA 1921 Model-A Combo
 
BSA 1922 Model-A
 
BSA A28 1928
 
BSA A50 1969
 
BSA A65 1963
 
BSA A70 1973

Model-B

 
BSA 1927 Model-B Deluxe
 
BSA B1 1935
 
BSA B2 1935
 
BSA B4 1930 250cc OHV
 
BSA B30 1930
 
BSA B30 WD
 
BSA B31 1931 Army
 
BSA B33 1933

Model-C

 
BSA C11
 
BSA C12

Model-D (Bantam)

BSA Model-D (Bantam) adalah sepeda motor BSA unit construction yang diproduksi dari tahun 1948 (dengan kapasitas 125 cc) hingga tahun 1971 (kapasitas 175 cc).   Jumlah produksi yang pasti tidak diketahui (tetapi lebih dari 250.000 unit) dan sebagian orang memperkirakan angka sekitar 500.000 unit.   Jumlah ini cukup fantastis untuk industri motor Inggris dan sekaligus menunjukkan bahwa pangsa pasar lebih menyukai model yang lebih kecil, mungkin karena lebih praktis.  Sebagian orang mengatakan bahwa model Bantam diadaptasi dari model DKW Jerman.  Model Bantam itu sendiri dianggap menjadi contoh dari model Yamaha pertama dari Jepang yang mempunyai bentuk mirip sekali dengan BSA Bantam.
 
BSA Bantam D1 1949
.
BSA Bantam D1 Plunger 1960
 
BSA Bantam D3 1954
 
BSA Bantam D5 1958
 
.BSA Bantam D7 1965
 
BSA D7 Bantam Delux 1966
 
BSA D10 1968
 
BSA D14

Model-E

BSA Model E merupakan motor British V twin yang diproduksi oleh Birmingham Small Arms Company (BSA) di pabrik mereka di Armoury Road, Small Heath, Birmingham dari 1919 hingga 1924.   Kadang disebut sebagai BSA tipe A (membingungkan?).   Mempunyai mesin side klep kapasitas 770cc vertikal twin, kekuatan 6HP, dan 3 kecepatan dengan menggunakan drive rantai.  Model ini sering digunakan dengan sespan keluaran BSA yang sesuai.    BSA Model E diproduksi hingga tahun 1924, digantikan oleh mesin yang lebih kuat yaitu BSA Model F 986cc pada tahun 1922, yang dilanjutkan oleh BSA Model G, dengan modifikasi yang terus berkelanjutan hingga pecahnya PD2 (World War II).
 
BSA 1919 Model-E
 
BSA 1920 Model-E
 
BSA 1920 Model-E dengan sespan


 
BSA E30 1935

Model-G

 
BSA G14
 
BSA G32
 
BSA G33
 
BSA G34

Model-H

 
BSA 1916 Model-H
 
BSA H3 1924
 
BSA H20 1919
 
BSA H25

Model-K

 
BSA 1915 Model-K

Model-L

 
BSA L27 1927
 
BSA L27 1927
 
BSA L31 1931

Model-M

 
BSA M20
 
BSA M21
 
.BSA M22
 
BSA M23
 
BSA M24

Model-R

 
BSA R4 1935
 
BSA R17
 
BSA R35 1935

Model-W

 
BSA W32-7

Model-X

 
BSA X34 1935
 
BSA X65 1969
 
BSA-Triumph X75 Hurricane

Model-Y

 
BSA 1937 Model Y13

V-twins

Model Engine First year Last year Notes
Model a 770cc cc 1919 1924 side-valve V twin
G30-G35 985 cc 1930 1935 side-valve
G14 985 cc 1936 1940 side-valve
J34, J35, J12 499 cc 1934 1936 overhead valve
Y13 748 cc 1936 1938 overhead valve

B series

The B-series were single cylinder models of 250 cc, 350 cc and 500 cc. After the Second World War only 350 cc and 500 cc overhead valve models were continued.
Further information: Pre-unit construction
Model Engine First year Last year Notes
B33-1 - B35-1, B1 249 cc 1933 1936 side-valve
B33-2 - B35-2, B2 249 cc 1933 1936 overhead valve
B33-3 - B35-3, B3 Blue Star 249 cc 1933 1936 overhead valve
R33-4 - R35-4, R4 349 cc 1933 1936 overhead valve
R33-5 - R35-5, R5 Blue Star 349 cc 1933 1936 overhead valve
W32-6, W33-6, W34-7, W35-6, W6 499 cc 1932 1936 side-valve
W32-7, W33-7, W34-8, W35-7 499 cc 1932 1935 overhead valve
W33-8, W34-9, W35-8 Blue Star 499 cc 1933 1935 overhead valve
W33-9, W34-10, W35-9 499 cc 1933 1935 overhead valve
B20 Tourer 249 cc 1937 1938 side-valve
B21 Sports 249 cc 1937 1939 overhead valve
B22 Empire Star 249 cc 1937 1938 overhead valve
B23 Tourer 348 cc 1937 1939 side-valve
B24 Empire / Silver Star 348 cc 1937 1939 overhead valve
B25 Competition 348 cc 1937 1939 overhead valve
B26 Sports 348 cc 1937 1939 overhead valve
B29 348 cc 1940
overhead valve
B30


overhead valve
B31 348 cc 1945 1959 overhead valve
B32 348 cc 1946 1957 overhead valve
B33 499 cc 1947 1960 overhead valve
B34 499 cc 1947 1957 overhead valve

M series

In the 1930s the M series was a mixture of overhead valve and side-valve models. During and after the Second World War only the side-valve models of this series were continued, typically for use by the armed forces or in sidecar combinations.
Model Engine First year Last year Notes
M33-10, M34-12, M35-10, M10 596 cc 1933 1936 side-valve
M33-11, M34-13, M35-11 596 cc 1933 1935 overhead valve
M19 Deluxe 349 cc 1937 1938 overhead valve
M22 496 cc 1937 1939 overhead valve
M23 Silver Star/Empire Star 496 cc 1937 1940 overhead valve
M24 Gold Star 496 cc 1938 1939 overhead valve
M20 496 cc 1937 1955 side-valve. Thousands of this model were supplied to the British Army
M21 591 cc 1937 1963 side-valve. The UK's Automobile Association used this model in sidecar combinations
M33 499 cc 1947 1957 B33 overhead valve engine in M series plunger frame for civilian sidecar work

Pre-unit C series

The C-series were 250 cc single-cylinder models
Model Engine First year Last year Notes
C10 250 cc 1938 1953 side-valve engine
C11 250 cc 1939 1953 overhead valve engine, dynamo electrics
C11G 250 cc 1939 1954 overhead valve engine, alternator instead of dynamo
C12 250 cc 1940
overhead valve engine, swinging arm suspension
C10L 250 cc 1953 1957 side-valve engine
C12 250 cc 1956 1958 overhead valve engine

Bantam series

Main article: BSA Bantam
All Bantams were single cylinder two-stroke machines
Model Engine First year Last year Notes
D1 Bantam 125 cc 1948 1963 Early examples had rigid frames; later models had plunger suspension
D3 Bantam Major 150 cc 1954 1957 All-welded swinging arm frame
D5 Bantam Super 175 cc 1958 1958 All-welded swinging arm frame similar to D5
D7 Bantam Super 175 cc 1959 1966 Swinging-arm frame with separate rear subframe bolted on
D10 Silver Bantam, Bantam Supreme, Bantam Sports and Bushman 175 cc 1966 1967 Some models had four-ratio gearbox
D14/4 Bantam Supreme, Bantam Sports and Bushman 175 cc 1968 1969 All models had four-ratio gearbox
D175 Bantam Sports and Bushman 175 cc 1969 1971 With C15 front forks and centrally-located spark plug

Unit-construction singles

Further information: BSA Unit construction singles
Model Engine First year Last year Notes
C15 250 cc 1958 1967
C15T 250 cc 1959 1965
C15S 250 cc 1959 1965
SS80 250 cc 1961 1966 High-performance version of C15
B40 350 cc 1960 1965
SS90 350 cc 1962 1965 High-performance version of B40
B44 GP 441 cc 1965 1967 the first unit single with oil-bearing frame. Used super strong/lightweight Reynolds 531 tubing aimed at competition use
B44 VE "Victor Enduro" 441 cc 1966 1970
B44 "Victor Roadster" 441 cc 1966 1970 From 1968 to 1970, called "441 Shooting Star"
B40WD 350 cc 1967
2,000 for Ministry of Defence
C25 Barracuda 250 cc 1967
Short-lived high-compression model
B25 Starfire 250 cc 1968 1970 Similar to the C25 but with slightly reduced compression
B25FS Fleetstar 250 cc 1968 1971 Made with low-compression engine to increase reliability and fuel economy for police and civilian fleet use
B25SS Shooting Star 250 cc 1971

B25ST 250 cc 1971

B50SS Gold Star 500 cc 1971 1972
B50T Trail 500 cc 1971 1972
B50MX Motorcross 500 cc 1971 1972 In 1974 sold as Triumph TR5MX for US

Post-War twins

All BSA parallel twins were pushrod operated overhead valve machines. The A7 and A10 models were semi-unit construction until about 1953 and pre-unit construction thereafter. All A50, A65 and A70 models were unit construction.
Model Engine First year Last year Notes
A7 500 cc 1947 1962 BSA's first parallel twin
A7ST 500 cc 1949 1954
A7SS 500 cc 1954 1962
A10 Golden Flash 650 cc 1950 1962 BSA's first 650 cc parallel twin
A10 Super Flash 650 cc 1953 1954 Limited edition for homologation for production racing in the USA
A10 Road Rocket 650 cc 1954 1957
A10 Super Rocket 650 cc 1958 1963 Amal TT 'racing' carburettor and new "357" full-race camshaft
A10 Rocket Gold Star 650 cc 1962 1963 Special - tuned Super Rocket in a Gold Star frame
A50 500 cc 1962 1970 Called "Royal Star" from 1966 onwards
A50C Cyclone 500 cc 1964 1965 Also A50 cc "Cyclone Clubman" for 1965 only
A50 Wasp 500 cc 1966 1968
A65 650 cc 1962 1966 Sometimes called "Star Twin"
A65R Rocket 650 cc 1964 1965 Sports model with 9:1 compression, separate headlight, and sports mudguards
A65T Thunderbolt 650 cc 1964 1972 Single carburettor. From 1971 had oil-bearing frame
A65L Lightning / Rocket 650 cc 1964 1972 Twin carburettors. From 1971 had oil-bearing frame
A65S Spitfire 650 cc 1964 1968 High performance model produced in Mk I, Mk II, Mk III and Mk IV versions
A65 Hornet 650 cc 1966 1967 Sometimes called "Hornet Scrambler" [1]
A65F Firebird Scrambler 650 cc 1968 1972 Twin carburettors. From 1971 had oil-bearing frame, high level exhaust pipes on left hand side[2]
A70L Lightning 750 cc

Limited edition for homologation for production racing in the USA
Fury 350 cc 1971 1972 Prototype only (never produced)

Triples

See Triumph Triples for corresponding Triumph models)
Model Engine First year Last year Notes
A75R Rocket Three 750 cc 1969 1972
A75RV Rocket Three 750 cc 1971 1972 5-speed gearbox (only three produced in 1972)

Miscellaneous

Model name Engine First year Last year Note
S31 'Sloper' 491 cc 1927 1935 By 1935 there was an overhead-valve and a sidevalve, both of 595 cc
A30-1, A30-2 175 cc two-stroke 1929 1930 Unit-construction model in two-speed and three-speed versions respectively
Winged Wheel 35 cc two-stroke 1953 1955 In-hub engine for bicycle
Dandy 70 cc two stroke 1956 1962 Lightweight scooter
Sunbeam 175 cc two-stroke or 250 cc four-stroke 1959 1965 Scooter
Beagle 75 cc four-stroke 1963 1965 Lightweight motorcycle
Brigand/Beaver/Boxer/GT50 50 cc two-stroke 1979
British frame with Italian engine

Sekian Postingan saya kali ini,Semoga bermanfaat !
~Yogi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Pabrikan Motor Norton

Sejarah Pabrikan Motor Ducati