Sejarah Pabrikan Motor BSA
BSA (Birmingham Small Arms) Perusahaan ini
didirikan pada tahun 1863 , Produksi pertama kali di mulai pada tahun 1880 . Sepeda bermesin
dirilis pada tahun 1905 dengan kapasitas mesin kecil .
BSA
terus memproduksi sepeda motor termasuk S27 atau Sloper, Waktu itu Model yang terpopuler tersedia dengan Kapasitas mesin 350cc , 500cc
dan 595cc. Model Sloper ini diproduksi selama sepuluh tahun.
BSA
pada sekitar tahun 1929, pada masa era Perang Dunia 2 , BSA memiliki 67 pabrik
yang digunakan dalam rangka memenuhi persyaratan untuk pembuatan senjata dan
amunisi . Mereka menghasilkan lebih dari satu juta senapan Lee – Enfield ,
senapan mesin Sten dan sekitar setengah juta senapan mesin Browning .
Namun pada waktu itu tentara juga
memiliki permintaan yang besar terhadap sepeda motor , sepeda motor BSA memasok
126.000 type M20 untuk angkatan bersenjata dari tahun 1937 ( hingga tahun 1950
) ditambah sepeda militer termasuk sepeda lipat penerjun payung . BSA waktu itu
menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia.
Sir
Bernard Docker ( juga ketua Midland Bank ) adalah pemimpin BSA hingga tahun
1951 dengan James Leek CBE Managing Director dari tahun 1939 , setelah itu Jack
Sangster menjadi Managing Director . Pasca – Perang , BSA terus ekspansi , Bsa Mengakusisi sepeda motor merk Triumph pada tahun 1951 .
Kemudian mereka mengakusisi Merk Ariel , Sunbeam dan New Hudson ( yang
sebagian besar milik Sangster ) .
Pada
tahun 1957 , divisi sepeda BSA dijual ke Raleigh . Pada tahun 1960 , Daimler (
divisi mobil ) telah dijual ke Jaguar . Produksi senjata bertuliskan nama BSA
tahun 1957 melampaui penjualan divisi sepeda , tetapi pada tahun 1986 devisi
Senjata BSA dilikuidasi , semua aset
dibeli dan akirnya berganti nama menjadi BSA Guns ( UK ) Ltd.
Pada
tahun 1965 , persaingan dari Jepang ( Honda , Yamaha dan Suzuki ) dan juga dari
Eropa dengan merk Jawa / CZ , Bultaco dan Husqvarna telah mengikis pangsa pasar
BSA . produk BSA dan Triumph tidak lagi
selaras dengan pasar , walaupun BSA sudah memodifikasi mesin menjadi
2 stroke .Untuk mencoba mengatasi hal ini , berbagai produk baru di
keluarkan antara lain single , twin dan 3 silinder Model Rocket 3 diluncurkan
pada 1968-1969.
Namun,
reorganisasi perusahaan pada tahun 1971 terkonsentrasi produksi sepeda motor di
pabrik Triumph di Meriden . Sementara komponen dan mesin produksi yang tersisa
di pabrik BSA di Small Heath. Hal ini bertepatan dengan redudansi dan penjualan
aset . Barclays Bank juga mendukungan dengan mengucurkan dana.
Produksi dan
layanan berlanjut sampai tahun 1972 tapi sepeda Jepang telah membanjiri
pasar . BSA merger dengan Norton Villers pada tahun 1972, untuk waktu yang
singkat meluncurkan Produk Model Norton 500 Singgle B50 tetapi hanya sedikit , BSA B50 banyak
perbaikan di tangan perusahaan sepeda motor CCM memungkinkan desain dasar BSA
akan terus berlanjut sampai pertengahan hingga akhir 1970-an dalam bentuk yang
kompetitif di seluruh Eropa .
Pada
1972 , yang sudah mendekati kebangkrutan, dan dengan dukungan pemerintah ,
bisnis sepeda motor yang diserap ke dalam perusahaan Bronze Mangan , Norton –
Villiers . Hal ini kemudian menjadi Norton – Villiers – Triumph dengan tujuan
produksi dan pemasaran sepeda motor
Norton dan Triumph. Pemegang saham BSA mensetujuinya. Meskipun nama BSA
tersisa dari nama perusahaan baru , beberapa produk terus dilakukan membawanya
sampai tahun 1973 . Jangkauan akhir hanya empat model : Gold Star 500 ( B50 ) ,
650 Thunderbolt / Lighting dan 750 cc Rocket Three .
Lebih
Lanjut Lagi, sebagai salah satu pabrik pabrik sepeda motor terbesar di
dunia,ternyata dimulai dengan hanya satu jenis perdagangan produksi pembuatan
senjata Birmingham.Pada tgl 7 Juni 1861 sejumlah 14 orang pemburu dan pembuat
senjata/Gunsmith, membentuk perusahaan pabrik Birmingham Small Arms Company
Limited.
Tujuan
awal mereka adalah untuk membuat senjata oleh mesin/pabrik bukan buatan
tangan/manual. Tahun 1863 pabrik baru mereka di suatu lokasi lahan hijau seluas
25 hektar di Small Heath selesai.Di tahun 1863 BSA mendapat pesanan 20.000
senapan infanteri Turki.Tetapi pada Rapat Luar Biasa tanggal 30 September tahun
1863 Manajemen Perusahaan BSA berubah dimana hal ini juga berpengaruh terhadap
operasional perusahaan yang akhirnya pada tahun 1879 pabrik ditutup selama satu
tahun.Selanjutnya pada tahun 1866 mengakuisisi pabrik amunisi di Adderley Park,
Birmingham,Inggris.
Dari
tahun 1880 masuk ke pembuatan sepeda,membuat desain sendiri dari 1881.Antara
1888 dan 1893 itu mengkhususkan dirinya semata-mata untuk produksi senjata,pada
tahun 1893 kembali era Indusri dengan pembuatan produk berbagai komponen
lainnya/alat pertanian,pesawat dll.Di tahun 1906 mengambil alih Arms Nasional
dan tempat Amunisi Perusahaan di Sparkbrook dan memperoleh Eadie Manufacturing
Co Ltd dari Redditch pada tahun 1907.
BSA
juga memproduksi komponen/sparepart sepeda motor untuk perusahaan lain tapi
tidak sampai tahun 1903 mereka lakukan suplay itu. Pada tahun 1909 sebuah
sepeda motor 233cc eksperimental,3 ½ HP sepeda motor sabuk didorong harga £ 50
masuk ke dalam jajaran produksi BSA. Ini yang kemudian diikuti model lain dalam
kapasitas yang berbeda termasuk rantai didorong model 'H'.
Pada
tahun 1910 mengakuisisi Daimler Co Ltd dari Coventry.
Pada
tahun 1916 perusahaan telah memproduksi tiga sepeda motor dasar. Selama
meletusnya Perang Dunia I, perusahaan kembali untuk memproduksi senjata dan
memperluas operasinya juga mereka menyediakan sepeda motor untuk Pasukan
Ekspedisi Inggris. Setelah perang, pada tahun 1924, perusahaan mulai menjalin
hubungan panjang dengan Kantor Pos Umum (GPO) memasok sepeda motor untuk
layanan pengiriman telegram yang baru terbentuk. BSA terus memasok sepeda motor
ke GPO sampai runtuhnya layanan ini.Sepeda motor yang paling terkenal digunakan
adalah pasca perang dunia ke 2," Banten" dengan mesin dua tak yg
populer dan merupakan sepeda motor ringan buatan Inggris.
Pada
tahun 1930-an BSA memproduksi Mobil beroda tiga dalam persaingannya dengan
Morgan dan saloons depan hard roda dan drop-head coupe.Mobil itu diproduksi
dalam jumlah kecil BSA 10 H.P,mobil yang versi yang lebih murah dari Lanchester
dan Daimler 10 HP itu dilengkapi dengan roda gila cairan dan pra-pemilih
gearbox.
BSA
juga dijamin kontrak dengan Automobile Association (AA), Kepolisian dan
Angkatan Darat lagi dalam Perang Dunia II untuk penyediaan sepeda motor.
Sepeda
motor BSA lebih dikhususkan pada pengendara sepeda motor yang non
olahraga.Mereka jarang benar-benar unggul dalam balap tapi berhasil membuktikan
diri dan teruji paling depan tentang kehandalan dan ketahanannya di segala
medan/lapangan dan dalam cuaca apapun.
Pada
tahun 1924 empat sepeda motor BSA mendaki Gunung Snowdon di Wales dalam waktu
kurang dari 25 menit. Pada tahun 1926 dua sepeda motor BSA,model S berkeliling
dunia dalam 18 bulan.
Pada
tahun 1927 BSA meluncurkan berbagai jenis Sloper, disebut demikian karena tata
letak mesinnya miring. Pada rentang tahun 1930 mereka memiliki 16 model dari
tunggal sampai ke Twin/kembar dari mulai CC d174cc ke 986cc . Namun resesi th
30-an memukul pabrik BSA untuk mengurangi produksi dan model disederhanakan
guna memotong biaya.Kemudian pada tahun 1931 mereka memperoleh produsen
Birmingham mobil, Lanchester.
Pada Perang Dunia ke dua perusahaan BSA berkembang terdiri dari 67 pabrik. Dalam Perang Dunia Kedua BSA memproduksi senapan, senjata Lewis, magazin dan peluru,membuat persenjataan serta membuat 126.254 buah sepeda motor jenis M20 498 cc,guna meng suplay sepeda motor tersebut untuk tentara kerajaan. Pada tahun 1943 Sunbeam dari Wolverhampton diambil alih,kemudian Ariel pada tahun 1944 dan New Hudson pada tahun 1940 ! Pada masa perang,pabrik di Small Heath terkena langsung oleh serangan bom Jerman pada bulan November 1940 dan ada banyak korban di antara para pekerja karena sebagian dari bangunan pabrik runtuh terbakar. Korban ada 57 orang yang bekerja di sana.
Setelah
perang dunia ke 2 BSA mulai produksi model D 1 Banten/Bantam pada bulan Juni
1948 (Satu satunya desain tiruan/jiplakan dari DKW 125cc Union)suatu hal yang
tak pernah dilakukan oleh BSA sepanjang sejarah berdirinya.Desain ini diperoleh
dari perusahaan DKW Jerman Timur sebagai pampasan perang.
Tahun
1937 Walter Handley mengendarai BSA dengan kecepatan diatas 100mph (160 k /
jam) pada trek balap melengkung. Prestasi ini membuatnya mendapatkan sebuah
bintang emas yang kemudian menjadi ide oleh BSA dalam meluncurkan model sepeda
motor berikutnya bernama Gold Star.Gold Star menjadi roadster yang sangat
populer dalam dunia balapan dan tetap diproduksi dari tahun 1942 sampai tahun
1963.Pada 1944,perusahaan sepeda motor Ariel dibeli oleh BSA dan model KH 500
cc diproduksi, bersama dengan Huntmaster yang lebih kuat, yang memiliki mesin
BSA A10 650 cc yang dimodifikasi. Huntmaster terbukti handal dan mampu menempuh
jarak 100 mil per jam (160 km / h),sehingga menjadi populer bagi para penggemar
sespan.Akhir
1949 diperkenalkan model A7 (500cc) dan kemudian A10 (650cc). Berbagai jenis
model A diproduksi dengan nama melegenda seperti Golden Flash disusul Super
Flash lalu Road Rocket. Sebuah model yang sangat sederhana dalam tampilan,harga
yang terjangkau pada jamannya, tidak boros serta dapat diandalkan merupakan
alasan utama bagi mereka untuk tetap populer. Model A menjadi desain merek
dagang dari BSA.Kemudian di tahun 1962 mereka telah diganti dengan A50 (500cc)
dan A65 (650cc). .Pada tahun 1951 BSA mengambil alih perusahaan Sepeda Motor
Triumph di Meriden, pengambil alihan yang mereka lakukan ini,di kemudian hari
akan jadi penyesalan sebab membawa kematian/kebangkrutan kedua perusahaan.
Pada
tahun 1953 BSA Sepeda Motor Ltd dibentuk untuk menjaga produksi sepeda motor
terpisah dari anggota kelompok produksi lainnya. Pada saat itu ada 12 model
sepeda motor sedang diproduksi.
Semuanya
itu tidak juga mampu berkembang,model yang memprihatinkan. Kedua Dandy stroke
kurang bertenaga dan cenderung terlalu panas sehingga ditarik dari pemasaran
sebelum waktunya. Skuter Beeza bahkan tidak pernah berhasil sampai ke ruang
pamer, tampaknya semuanya bermuara karena perseteruan antara manajemen Ariel,
Triumph dan BSA dalam satu perusahaan.Pada tahun 1956,Jack Sangster (yang saat
menjual Ariel dan Triumph kepada BSA sebenarnya tidak sekedar menjual tetapi
bergabung di dalamnya) berhasil mengalahkan pimpinan BSA incumbent Sir Bernard
Docker dengan skor telak 6 banding 3. Sebagai pimpinan, Jack Sangster
mengangkat Edward Turner sebagai kepala divisi otomotif yang membawahi Ariel,
Triumph, dan BSA. BSA sendiri kemudian memutuskan menutup pabriknya pada
tahun 1963 untuk memindahkan produksi ke Small Heath.
Pada
tahun 1957 Edward Turner diangkat kepala divisi otomotif BSA. Model C15 250cc
diluncurkan pada 1954 dan bukti Triumph baru versus strategi BSA terbukti pada
mesin karena hanyalah Cub Triumph badged.
Pada tahun 1960 BSA berada dalam masalah keuangan maka divisi mobil dan bus dijual kepada Jaguar Mobil Ltd.
Penunjukan
Sturgeon Harry sebagai MD dipandang sebagai langkah maju namun masa jabatannya
tidak lama oleh karena menderita penyakit dan ia pensiun pada 1966.
Penggantinya ternyata tidak banyak tahu dan mengerti tentang sepeda motor, maka
dari titik point inilah kita dapat memetakan awal penurunan dan kemunduran BSA.
Pada
tahun 1968,mesin baru Rocket Three Triple 750cc roket diluncurkan di Amerika
Serikat dan pada tahun 1969 di Inggris.
Pada
tahun 1971 BSA mencatat kerugian yg begitu telak dan oleh karenanya diusulkan
untuk menutup pabrik BSA Small Heath dan mentransfer produksi semua untuk
Triumph di Meriden. Ada perubahan menit terakhir dari pikiran, tetapi itu
benar-benar terlambat bagi perusahaan pada tahap ini dan pada 1973 kelompok BSA
dijual kepada Norton Villier untuk membentuk Triumph Norton Villier itu (NVT).
Dua bulan kemudian ketua NVT, Dennis Poore, ditangani industri sepeda motor
Inggris pukulan fatal dengan mengumumkan Triumph yang akan menutup dan produksi
akan tetap di Small Heath.Dia tidak dihitung dengan militansi tenaga kerja para
pekerja,hal ini berlangsung berlarut-larut selama 10 tahun. Akhirnya, kerugian
total dan pabrik sepeda motor terbesar dunia dan produksi sepeda yang terakhir
pada malam Natal 1975.
Setelah
itu beberapa perusahaan yang tadinya bahagian dari pabrik BSA,sebuah perusahaan
sangat kecil sepeda motor yang berbasis di Southampton menggunakan nama BSA.
Perlu
dicatat bahwa Senjata/senapang angin BSA masih ada dari unit produksi sespan di
Jalan Gudang Senjata,Small Heath.
Dicycle/siklus
BSA
Mesin
pertama yang diproduksi oleh BSA ternyata adalah DICYCLE, mesin tiga roda aneh
yang ditunjukkan oleh penemunya, Bapak Otto, di meja ruang dewan di Jalan
Gudang Senjata. Perusahaan memutuskan untuk bergabung dengan kereta sepeda
ini,ketika penjualan senjata menurun di tahun 1870-an. Dicycle dipamerkan di
Museum Nasional di Siklus Llandrindod Wells.
Pada
tahun 1908 AE Wills mengalahkan rekord dunia
jarak satu jam dengan siklus BSA. Jarak dari 61 kilometer, 972 meter
berarti dia adalah pengendara sepeda pertama yang melebihi lebih dari satu mil
satu menit, lebih dari satu jam. Siklus BSA digunakan dalam Coventry Transport
Museum.
BSA
pada satu periode Hercules Siklus Aston yang manufaktur siklus dan badging
mereka sebagai produk BSA juga.
Perusahaan
Sepeda BSA dijual ke Raliegh Industries of Nottingham pada tahun 1957. Sepeda
dengan nama BSA yang saat ini diproduksi dan didistribusikan di Negara India
oleh Siklus TI.
Meski
BSA telah tutup dan tidak melakukan produksi lagi,namun eksistensi produk motor
nya di dunia masih tetap ada,terbukti dengan banyaknya komunitas pecinta motor
tua di beberapa belahan negara termasuk di indonesia, salah satu klub motor
terbesar di indonesia seperti Bikers Brotherhood MC yang berbasis di Kota
Kembang Bandung,Jawa Barat memiliki banyak anggota yang memiliki motor pabrikan ini.
Berikujt
saya lampirkan Beberapa jenis Motor produksi BSA..
Model-A
BSA 1921 Model-A
BSA 1921 Model-A Combo
BSA 1922 Model-A
BSA A28 1928
BSA A50 1969
BSA A65 1963
BSA A70 1973
Model-B
BSA 1927 Model-B Deluxe
BSA B1 1935
BSA B2 1935
BSA B4 1930 250cc OHV
BSA B30 1930
BSA B30 WD
BSA B31 1931 Army
BSA B33 1933
Model-C
BSA C11
BSA C12
Model-D (Bantam)
BSA Model-D (Bantam) adalah sepeda motor BSA unit construction yang diproduksi dari tahun 1948 (dengan kapasitas 125 cc) hingga tahun 1971 (kapasitas 175 cc). Jumlah produksi yang pasti tidak diketahui (tetapi lebih dari 250.000 unit) dan sebagian orang memperkirakan angka sekitar 500.000 unit. Jumlah ini cukup fantastis untuk industri motor Inggris dan sekaligus menunjukkan bahwa pangsa pasar lebih menyukai model yang lebih kecil, mungkin karena lebih praktis. Sebagian orang mengatakan bahwa model Bantam diadaptasi dari model DKW Jerman. Model Bantam itu sendiri dianggap menjadi contoh dari model Yamaha pertama dari Jepang yang mempunyai bentuk mirip sekali dengan BSA Bantam.
BSA Bantam D1 1949
BSA Bantam D1 Plunger 1960
BSA Bantam D3 1954
BSA Bantam D5 1958
.BSA Bantam D7 1965
BSA D7 Bantam Delux 1966
BSA D10 1968
BSA D14
Model-E
BSA Model E merupakan motor British V twin yang diproduksi oleh Birmingham Small Arms Company (BSA) di pabrik mereka di Armoury Road, Small Heath, Birmingham dari 1919 hingga 1924. Kadang disebut sebagai BSA tipe A (membingungkan?). Mempunyai mesin side klep kapasitas 770cc vertikal twin, kekuatan 6HP, dan 3 kecepatan dengan menggunakan drive rantai. Model ini sering digunakan dengan sespan keluaran BSA yang sesuai. BSA Model E diproduksi hingga tahun 1924, digantikan oleh mesin yang lebih kuat yaitu BSA Model F 986cc pada tahun 1922, yang dilanjutkan oleh BSA Model G, dengan modifikasi yang terus berkelanjutan hingga pecahnya PD2 (World War II).
BSA 1919 Model-E
BSA 1920 Model-E
BSA 1920 Model-E dengan sespan
BSA E30 1935
Model-G
BSA G14
BSA G32
BSA G33
Model-H
BSA 1916 Model-H
BSA H3 1924
BSA H20 1919
BSA H25
Model-K
Model-L
BSA L27 1927
BSA L27 1927
Model-M
BSA M20
BSA M21
.BSA M22
BSA M23
Model-R
BSA R4 1935
BSA R17
Model-W
BSA W32-7
Model-X
BSA X34 1935
BSA X65 1969
Model-Y
BSA 1937 Model Y13
V-twins
Model | Engine | First year | Last year | Notes |
Model a | 770cc cc | 1919 | 1924 | side-valve V twin |
G30-G35 | 985 cc | 1930 | 1935 | side-valve |
G14 | 985 cc | 1936 | 1940 | side-valve |
J34, J35, J12 | 499 cc | 1934 | 1936 | overhead valve |
Y13 | 748 cc | 1936 | 1938 | overhead valve |
B series
The B-series were single cylinder models of 250 cc, 350 cc and 500 cc. After the Second World War only 350 cc and 500 cc overhead valve models were continued.
Further information: Pre-unit construction
Model | Engine | First year | Last year | Notes |
B33-1 - B35-1, B1 | 249 cc | 1933 | 1936 | side-valve |
B33-2 - B35-2, B2 | 249 cc | 1933 | 1936 | overhead valve |
B33-3 - B35-3, B3 Blue Star | 249 cc | 1933 | 1936 | overhead valve |
R33-4 - R35-4, R4 | 349 cc | 1933 | 1936 | overhead valve |
R33-5 - R35-5, R5 Blue Star | 349 cc | 1933 | 1936 | overhead valve |
W32-6, W33-6, W34-7, W35-6, W6 | 499 cc | 1932 | 1936 | side-valve |
W32-7, W33-7, W34-8, W35-7 | 499 cc | 1932 | 1935 | overhead valve |
W33-8, W34-9, W35-8 Blue Star | 499 cc | 1933 | 1935 | overhead valve |
W33-9, W34-10, W35-9 | 499 cc | 1933 | 1935 | overhead valve |
B20 Tourer | 249 cc | 1937 | 1938 | side-valve |
B21 Sports | 249 cc | 1937 | 1939 | overhead valve |
B22 Empire Star | 249 cc | 1937 | 1938 | overhead valve |
B23 Tourer | 348 cc | 1937 | 1939 | side-valve |
B24 Empire / Silver Star | 348 cc | 1937 | 1939 | overhead valve |
B25 Competition | 348 cc | 1937 | 1939 | overhead valve |
B26 Sports | 348 cc | 1937 | 1939 | overhead valve |
B29 | 348 cc | 1940 | overhead valve | |
B30 | overhead valve | |||
B31 | 348 cc | 1945 | 1959 | overhead valve |
B32 | 348 cc | 1946 | 1957 | overhead valve |
B33 | 499 cc | 1947 | 1960 | overhead valve |
B34 | 499 cc | 1947 | 1957 | overhead valve |
M series
In the 1930s the M series was a mixture of overhead valve and side-valve models. During and after the Second World War only the side-valve models of this series were continued, typically for use by the armed forces or in sidecar combinations.Model | Engine | First year | Last year | Notes |
M33-10, M34-12, M35-10, M10 | 596 cc | 1933 | 1936 | side-valve |
M33-11, M34-13, M35-11 | 596 cc | 1933 | 1935 | overhead valve |
M19 Deluxe | 349 cc | 1937 | 1938 | overhead valve |
M22 | 496 cc | 1937 | 1939 | overhead valve |
M23 Silver Star/Empire Star | 496 cc | 1937 | 1940 | overhead valve |
M24 Gold Star | 496 cc | 1938 | 1939 | overhead valve |
M20 | 496 cc | 1937 | 1955 | side-valve. Thousands of this model were supplied to the British Army |
M21 | 591 cc | 1937 | 1963 | side-valve. The UK's Automobile Association used this model in sidecar combinations |
M33 | 499 cc | 1947 | 1957 | B33 overhead valve engine in M series plunger frame for civilian sidecar work |
Pre-unit C series
The C-series were 250 cc single-cylinder modelsModel | Engine | First year | Last year | Notes |
C10 | 250 cc | 1938 | 1953 | side-valve engine |
C11 | 250 cc | 1939 | 1953 | overhead valve engine, dynamo electrics |
C11G | 250 cc | 1939 | 1954 | overhead valve engine, alternator instead of dynamo |
C12 | 250 cc | 1940 | overhead valve engine, swinging arm suspension | |
C10L | 250 cc | 1953 | 1957 | side-valve engine |
C12 | 250 cc | 1956 | 1958 | overhead valve engine |
Bantam series
Main article: BSA Bantam
All Bantams were single cylinder two-stroke machinesModel | Engine | First year | Last year | Notes |
D1 Bantam | 125 cc | 1948 | 1963 | Early examples had rigid frames; later models had plunger suspension |
D3 Bantam Major | 150 cc | 1954 | 1957 | All-welded swinging arm frame |
D5 Bantam Super | 175 cc | 1958 | 1958 | All-welded swinging arm frame similar to D5 |
D7 Bantam Super | 175 cc | 1959 | 1966 | Swinging-arm frame with separate rear subframe bolted on |
D10 Silver Bantam, Bantam Supreme, Bantam Sports and Bushman | 175 cc | 1966 | 1967 | Some models had four-ratio gearbox |
D14/4 Bantam Supreme, Bantam Sports and Bushman | 175 cc | 1968 | 1969 | All models had four-ratio gearbox |
D175 Bantam Sports and Bushman | 175 cc | 1969 | 1971 | With C15 front forks and centrally-located spark plug |
Unit-construction singles
Further information: BSA Unit construction singles
Model | Engine | First year | Last year | Notes |
C15 | 250 cc | 1958 | 1967 | |
C15T | 250 cc | 1959 | 1965 | |
C15S | 250 cc | 1959 | 1965 | |
SS80 | 250 cc | 1961 | 1966 | High-performance version of C15 |
B40 | 350 cc | 1960 | 1965 | |
SS90 | 350 cc | 1962 | 1965 | High-performance version of B40 |
B44 GP | 441 cc | 1965 | 1967 | the first unit single with oil-bearing frame. Used super strong/lightweight Reynolds 531 tubing aimed at competition use |
B44 VE "Victor Enduro" | 441 cc | 1966 | 1970 | |
B44 "Victor Roadster" | 441 cc | 1966 | 1970 | From 1968 to 1970, called "441 Shooting Star" |
B40WD | 350 cc | 1967 | 2,000 for Ministry of Defence | |
C25 Barracuda | 250 cc | 1967 | Short-lived high-compression model | |
B25 Starfire | 250 cc | 1968 | 1970 | Similar to the C25 but with slightly reduced compression |
B25FS Fleetstar | 250 cc | 1968 | 1971 | Made with low-compression engine to increase reliability and fuel economy for police and civilian fleet use |
B25SS Shooting Star | 250 cc | 1971 | ||
B25ST | 250 cc | 1971 | ||
B50SS Gold Star | 500 cc | 1971 | 1972 | |
B50T Trail | 500 cc | 1971 | 1972 | |
B50MX Motorcross | 500 cc | 1971 | 1972 | In 1974 sold as Triumph TR5MX for US |
Post-War twins
All BSA parallel twins were pushrod operated overhead valve machines. The A7 and A10 models were semi-unit construction until about 1953 and pre-unit construction thereafter. All A50, A65 and A70 models were unit construction.Model | Engine | First year | Last year | Notes |
A7 | 500 cc | 1947 | 1962 | BSA's first parallel twin |
A7ST | 500 cc | 1949 | 1954 | |
A7SS | 500 cc | 1954 | 1962 | |
A10 Golden Flash | 650 cc | 1950 | 1962 | BSA's first 650 cc parallel twin |
A10 Super Flash | 650 cc | 1953 | 1954 | Limited edition for homologation for production racing in the USA |
A10 Road Rocket | 650 cc | 1954 | 1957 | |
A10 Super Rocket | 650 cc | 1958 | 1963 | Amal TT 'racing' carburettor and new "357" full-race camshaft |
A10 Rocket Gold Star | 650 cc | 1962 | 1963 | Special - tuned Super Rocket in a Gold Star frame |
A50 | 500 cc | 1962 | 1970 | Called "Royal Star" from 1966 onwards |
A50C Cyclone | 500 cc | 1964 | 1965 | Also A50 cc "Cyclone Clubman" for 1965 only |
A50 Wasp | 500 cc | 1966 | 1968 | |
A65 | 650 cc | 1962 | 1966 | Sometimes called "Star Twin" |
A65R Rocket | 650 cc | 1964 | 1965 | Sports model with 9:1 compression, separate headlight, and sports mudguards |
A65T Thunderbolt | 650 cc | 1964 | 1972 | Single carburettor. From 1971 had oil-bearing frame |
A65L Lightning / Rocket | 650 cc | 1964 | 1972 | Twin carburettors. From 1971 had oil-bearing frame |
A65S Spitfire | 650 cc | 1964 | 1968 | High performance model produced in Mk I, Mk II, Mk III and Mk IV versions |
A65 Hornet | 650 cc | 1966 | 1967 | Sometimes called "Hornet Scrambler" [1] |
A65F Firebird Scrambler | 650 cc | 1968 | 1972 | Twin carburettors. From 1971 had oil-bearing frame, high level exhaust pipes on left hand side[2] |
A70L Lightning | 750 cc | Limited edition for homologation for production racing in the USA | ||
Fury | 350 cc | 1971 | 1972 | Prototype only (never produced) |
Triples
Main article: BSA Rocket 3/Triumph Trident
See Triumph Triples for corresponding Triumph models)Model | Engine | First year | Last year | Notes |
A75R Rocket Three | 750 cc | 1969 | 1972 | |
A75RV Rocket Three | 750 cc | 1971 | 1972 | 5-speed gearbox (only three produced in 1972) |
Miscellaneous
Model name | Engine | First year | Last year | Note |
S31 'Sloper' | 491 cc | 1927 | 1935 | By 1935 there was an overhead-valve and a sidevalve, both of 595 cc |
A30-1, A30-2 | 175 cc two-stroke | 1929 | 1930 | Unit-construction model in two-speed and three-speed versions respectively |
Winged Wheel | 35 cc two-stroke | 1953 | 1955 | In-hub engine for bicycle |
Dandy | 70 cc two stroke | 1956 | 1962 | Lightweight scooter |
Sunbeam | 175 cc two-stroke or 250 cc four-stroke | 1959 | 1965 | Scooter |
Beagle | 75 cc four-stroke | 1963 | 1965 | Lightweight motorcycle |
Brigand/Beaver/Boxer/GT50 | 50 cc two-stroke | 1979 | British frame with Italian engine |
Sekian Postingan saya kali ini,Semoga bermanfaat !
Komentar
Posting Komentar